Keluarga Bahagia Dengan Persalinan Yang Nyaman Dan Aman

Keluarga Bahagia Dengan Persalinan Yang Nyaman Dan Aman


Sudah jadi rahasia umum bahwa proses persalinan sering menjadi hal mengerikan bagi seorang wanita, banyak wanita yang mengalami trauma psikis setalah mengalami proses persalinan padahal dalam perjalanan kehidupanya, wanita mutlak akan mengalami proses kehamilan, persalinan, pasca persalinan, menyusui, dan perawatan anak karena hal itu merupakan suatu kondisi alami yang merupakan Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.
Guna memperkaya wawasan masyarakat khususnya para wanita dan pasangannya, tentang proses persalinan yang nyaman dan menyenangkan (Gentle Birth), Rumah Sehat Madani Bali  menyelenggarakan kegiatan diskusi dan berbagi informasi sehat tentang persalinan yang nyaman dan menyenangkan dengan tema “ Happy Families begin from the Spirit of Gentle Birth / Dengan Persalinan Yang Nyaman dan Menyenangkan Kita Wujudkan Keluarga Bahagia “.
Acaran yang dilaksanakan pada hari minggu 4 Maret 2012 ini mendatangkan beberapa pakar Gentle Birth, diantara pakar yang hadir adalah bidan Yesie Aprillia S.Si.T, M.Kes, bidan cantik asal klaten ini mengatakan, satu hal yang membuat seorang wanita takut mengalami persalinan adalah akibat dari rasa nyeri/sakit yang luar biasa pada saat melahirkan. Namun menurut beliau, hal ini bisa diatasi dengan menghilangkan Stres, Kecemasan, Kekhawatiran selama kehamilan dan proses persalinan, seorang wanita harus memahami bagaimana rahim berfungsi secara normal, ketika kita tidak terkungkung oleh rasa takut, maka persalinan akan lebih mudah dan nyaman, hal senada juga di utarakan dua pembicara lain yaitu Pujiastuti Sindhu, Ryt (Founder Yoga Leaf Bandung,Penulis Buku Hidup Sehat & Seimbang Dengan Yoga) dan bidan Brenda L. Ritchmond,S.Si.T (Praktisi Gentle Birth, Tim Penulis Buku Gentle Birth ).
Dalam diskusi ini ibu Pujiastuti menjelaskan bahwa ada banyak cara untuk merayakan kehamilan dan mempersiapkan kelahiran, diantaranya dengan berlatih yoga di saat kehamilan. Yoga adalah sistem kesehatan menyeluruh yang hadir dari berabad masa lalu dan menjadi karunia di dunia modern kini. Tak hanya menciptakan kesehatan fisik, berlatih yoga juga dapat menghadirkan ketenangan pikiran dan ketentraman batin. Lebih dari sekedar aktivitas olahraga biasa, yoga merupakan gaya hidup sehat yang dapat menyeimbangkan fisik, mental, dan spiritual saat menjalani kehidupan modern yang ‘serba tidak seimbang’. Katakan saja, misalnya, jam kerja yang bertepatan jam istirahat tubuh, pola makan tidak seimbang (tinggi lemak,kurang serat), kurang berolahraga ( atau bahkan terlalu banyak berolahraga ), terpapar polusi lingkungan, merokok, dan lain sebagainya. Berlatih yoga dapat menjadi kebiasaan baik yang dapat menetralkan berbagai ketidaknyamanan fisik, mental, emosi, dan mengembalikannya pada keseimbangan, selaras dengan alam. Dan menurut bidan Brenda proses persalinan alami telah menunjukkan bahwa pendekatan alami dan lembut serta sabar terhadap proses persalinan, memiliki resiko yang kecil dan menghasilkan bayi sehat, ibu sehat sehingga keluarga sehat. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 00.22 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar